TALK SHOW INA RACHMAN DI WEDDING BATAK EXHIBITION 2024



TALK SHOW INA RACHMAN DI WEDDING BATAK EXHIBITION 2024


Enjoy Jakarta! Kalimat ini terwakilkan saat pagelaran Wedding Batak Exhibition (WBE) 2024 di hari Sabtu 7 September 2024 yang berlokasi di Smesco Convention Hall Jakarta menjadi lengkap dengan adanya Talk Show yang sangat menarik yang dibawakan oleh Martha Simanjuntak, Project Director WBE bersama bintang tamu, Ina Rachman.

TALK SHOW INA RACHMAN DI WEDDING BATAK EXHIBITION 2024


DUA SOSOK INSPIRATIF, MARTHA SIMANJUNTAK DAN INA RACHMAN

Martha Simanjuntak dan Ina Rachman adalah sosok inspiratif yang memiliki peran penting dalam bidang masing-masing. Martha Simanjuntak, aktif sebagai pengurus Indonesia Women IT Awareness (IWITA), yaitu sebuah organisasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran para perempuan di Indonesia tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi, IWITA berfokus pada pemberdayaan perempuan melalui pendidikan dan pelatihan dalam bidang teknologi informasi. Bidang tersebut layak dikuasai dan dipahami oleh perempuan untuk dapat menggali potensi yang ada, sehingga perempuan dapat berkontribusi secara produktif di keluarga dan masyarakat.

Siapa yang gak kenal dengan Ina Rachman? Ina Rachman, S.H., M.HUM adalah seorang profesional muda yang memiliki pengalaman selama 20 tahun di selling industri. Beliau merupakan pendiri dari Maestro Law Office salah satu firma hukum korporat terkemuka di Indonesia, yang khusus menangani banyak kasus hukum terutama di bidang penjualan dari berbagai perusahaan multinasional. Ina Rachman sebagai konsultan dan trainer yang terbiasa menjadi pembicara bagi PNS, dan berbagai lembaga negara. Beliau aktif menjadi advokat perlindungan hak perempuan dan anak. Menjadi Sekjen Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), hingga aktif bersama pemerintah di berbagai isu penting khususnya di industri penjualan.

Dua sosok inspiratif beradu peran positif pada WBE 2024 kali ini. Mereka sama-sama menjadi salah satu figur penting dalam industri kreatif, sosial, budaya khususnya dalam mempromosikan budaya lokal agar lebih modern dan dapat diterima di berbagai kalangan baik itu nasional hingga internasional

TALK SHOW INA RACHMAN DI WEDDING BATAK EXHIBITION 2024

TALK SHOW INA RACHMAN “HARTA, TAHTA, WANITA”

Hari pertama pada WBE 2024 diisi dengan talk show yang berjudul “Harta, Tahta, Wanita’. Tema yang menarik, khususnya bagi kaum perempuan. Talk show yang dikemas santai, berhasil menarik perhatian pengunjung pada WBE 2024, khususnya para wanita.

Harta, Tahta, Wanita, tak lepas dari bagian penting dalam kehidupan sosial khususnya di Indonesia. Apalagi saat berbicara soal adat istiadat yang ada di Indonesia yang terdiri dari banyak suku, letak geografis hingga kehidupan sosial yang pasti berbeda satu dengan yang lain.

Seperti yang ketahui Patriarki kini sudah menjelma sebagai budaya yang diwariskan turun temurun antar generasi. Gak melihat dari suku mana, pasti nilai-nilai Patriarki selalu ada di Indonesia. Dominasi laki-laki sangat berpengaruh dalam peran dan status sosial.

Inna Rachman mengatakan bahwa, rata-rata di berbagai suku yang ada di Indonesia, pria lebih mendominasi dibanding wanita. Di suku Batak pun demikian, pria tidak hanya sebagai penerus marga, pria akan menjadi pemimpin khususnya dalam acara-acara suku Batak.

Dalam soal pembagian harta waris, dalam budaya Batak biasanya diberikan kepada anak laki-laki bahkan lebih banyak, sedangkan anak perempuan mendapatkan sedikit atau bisa dikatakan tidak mendapat sama sekali. Wanita dalam hal harta waris tidak memiliki kuasa atau posisinya lemah.

Menarik bukan? Meskipun saya tidak begitu kaget soal hal tersebut. Namun di era modern, ada banyak keluarga yang sudah tidak terlalu mengikuti aturan-aturan adat. Contohnya saya, meskipun saya bukan dari suku Batak. Ssaya berasal dari suku Minahasa, dan kalau ditelisik pun masih menganut sistem patriarki tersebut. Namun, keluarga inti saya sudah sangat modern, termasuk tidak mengikuti adat pembagian waris tersebut. Hanya saja, kami masih ingin melestarikan, ritual adat pernikahan tradisional, yang memang layak untuk dilestarikan karena Indonesia kaya akan ragam budaya, baju adat yang berwarna-warni dan unik menjadi sebuah kebanggaan. Bayangkan saja, turis mancanegara selalu takjub saat berkunjung di Indonesia, melihat ragam budaya yang menawan, wonderful Indonesia!

Talk show diakhiri dengan tanya jawab dari para peserta, pengunjung dan para blogger. Enam penanya diberikan hadiah e-wallet. Saya gak dapat hadiah sih, namun mendapatkan wawasan dalam hal budaya patriarki di Indonesia. Terima kasih WBE 2024!

No comments