WEDDING BATAK EXHIBITION 2024 PERTAMA DI INDONESIA



WEDDING BATAK EXHIBITION 2024 PERTAMA DI INDONESIA

Saya sangat tertarik dengan ragam budaya yang ada di Indonesia, salah satunya budaya suku Batak. Meskipun saya berasal dari suku Minahasa, Sulawesi Utara namun banyak kawan dan kolega saya berasal dari suku yang berbeda, salah satunya dari suku Batak.


Pas banget! Keterkaitan saya soal budaya daerah lain, akhirnya membawa saya pada acara Wedding Batak Exhibition 2024. Iya! Saya diundang untuk menghadiri Wedding Batak Exhibition 2024, acara wedding exhibition pertama di Indonesia dengan tema budaya Batak.


Wedding Batak Exhibition 2024 dilaksanakan pada tanggal 7-8 September 2024, berlokasi di Gedung SMESCO Lantai 2, Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Helaparumaen dan Chathaulos. Saya bersama teman-teman Blogger dari Indonesia Social Bloggerpreneur (ISB), ikut hadir mengikuti rangkaian acara mulai dari pembukaan, talk show, hiburan, fashion show hingga pameran yang diikuti oleh banyak tenant.


PERNAHKAH KAMU MENDATANGI PESTA PERNIKAHAN BATAK?

Pernahkan kamu mendatangi pesta pernikahan Batak? Jawab saya, pernah! Saya menghadiri pesta pernikahan Batak saat saudara sepupu saya menikah. Kebetulan dia mendapatkan jodoh (suami) berasal dari suku batak. Pengalaman yang sangat berharga, dimana kami sekeluarga mengikuti rangkaian demi rangkaian, sebelum dan sesudah pesta digelaran. Mulai dari acara Mangain yang merupakan pemberian marga pada orang yang bukan suku Batak, hingga pemberkatan pernikahan dan proses lainnya yang saya gak hafal satu per satu.


Sebagai tamu, saya merasakan suasana pernikahan adat Batak berbeda dari pernikahan-pernikahan pada umumnya. Yang paling berkesan adalah waktunya yang begitu lama. Dimulai dari pagi atau siang, bisa ditutup saat malam hari. Luar biasa panjang kan?! Namun, begitulah adat yang telah ada sejak jaman nenek moyang. Budaya yang patut kita lestarikan. 


MELESTARIKAN BUDAYA TERMASUK PERAYAAN PERNIKAHAN

Melestarikan budaya, termasuk pada perayaan pernikahan sangatlah penting. Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki ragam budaya, suku, bahasa dan ras yang sangat unik dan menarik. Negara lain, belum tentu memiliki ciri khas budaya yang bermacam-macam, seperti Indonesia. Kelebihan dan daya tarik bangsa Indonesia, salah satunya terletak dari ragam budaya, adat istiadat.


Ada banyak warga negara asing yang datang ke Indonesia karena penasaran dan ingin melihat wajah Indonesia. Belum lagi, banyak WNA yang datang dan menetap di Indonesia karena jatuh cinta dengan keanekaragaman budaya Indonesia. Ibarat kata, bangsa lain saja bisa jatuh cinta dengan Indonesia. Bagaimana dengan penduduk Indonesia itu sendiri, termasuk generasi muda. Apakah merasakan hal yang sama? Sangat disayangkan, jika kamu kurang tertarik dengan budaya sendiri. Malah memilih dan bergaya kebarat-baratan. 


Melestarikan budaya bisa kamu lakukan dengan menjaga dan meneruskan tradisi dalam perayaan pernikahan. Ini merupakan pesan yang terkandung dalam penyelenggaraan Wedding Batak Exhibition 2024. Acara yang dikemas secara modern dan menarik, berhasil memukau para pengunjung termasuk saya.


WEDDING BATAK EXHIBITION 2024 PERTAMA DI INDONESIA


WEDDING BATAK EXHIBITION 2024 PERTAMA DI INDONESIA

Acara wedding Exhibition pertama di Indonesia yang mengusung tema Batak, dan digagas oleh Helaparumaen dan Chathaulos. Wedding Batak Exhibition 2024 merupakan  ruang pertemuan dan kolaborasi antara pelaku seni budaya Batak, hingga para pelaku usaha jasa pernikahan Batak, bersama pengunjung dari para calon pengantin yang ingin mendapatkan referensi tentang perayaan pernikahan Batak.


Acara dimulai dengan penampilan tari-tarian Batak, yang terdiri dari para penari wanita yang menggunakan pakaian adat Batak Toba, Karo, Pakpak, Simalungun dan Mandailing. Melenggang lenggong menari tarian Batak diiringi dengan musik khas daerah Batak.


Wedding Batak Exhibition 2024 dibuka oleh Martha Simanjuntak, selaku Director WBE 2024, serta Donny Silalahi bersama istri Cynthia Panjaitan yang merupakan pendiri Chathaulos. Tabuhan gendang khas Batak yang ditabuh oleh para petinggi Helaparumaen dan Chathaulos, menandai pembukaan Wedding Batak Exhibition 2024.


WEDDING BATAK EXHIBITION 2024 PERTAMA DI INDONESIA


WEDDING BATAK EXHIBITION 2024 PERTAMA DI INDONESIA


WEDDING BATAK EXHIBITION 2024 PERTAMA DI INDONESIA


WEDDING BATAK EXHIBITION 2024 PERTAMA DI INDONESIA


Kamu bisa langsung merapat ke Smesco lantai 2. Berbagai tenant menjadi bagian pendukung acara. Mulai dari tenant klinik kecantikan, pembuatan undangan dan souvenir pernikahan, jasa foto prewedding, pembuatan undangan, perias dan pakaian pengantin, katering makanan, pakaian pengantin, hingga berbagai ulos nan cantik dan menarik tersedia lho!  


Masih ada waktu, di hari Minggu 8 September 2024. Untuk mendapatkan penawaran menarik, segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan pernikahan Batak. Buruan langsung ke Gedung Smesco lantai 2.


No comments