CARA MERAWAT KULIT REMAJA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR

CARA MERAWAT KULIT REMAJA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PRESTASI BELAJAR

Remaja identik dengan masa puber. Masa puber dialami pada usia 10-16 tahun. Remaja akan mengalami perubahan hormon yang menyebabkan kelenjar minyak lebih banyak dan aktif sehingga memiliki risiko masalah kulit, seperti komedo, bruntusan, jerawat dan lainnya. Mereka wajib diberitahukan bagaimana cara merawat kulit dengan baik dan benar. Cara sederhana dan mudah dimengerti.


Semakin cepat orang tua mengedukasi anak remajanya tentang cara merawat kulit dengan baik, maka masalah yang lainnya tidak akan datang. Seperti yang kita ketahui, problematika kulit bermasalah pada anak remaja jika tidak ditangani dengan tepat akan berakibat turunnya rasa percaya diri hingga prestasi belajar.


Hal ini sejalan dengan penjelasan ibu dokter dr. Ariana Suryadewi S, M. Biomed (AAM) yang merupakan founder dari The Aesthetics Clinic, beliau menjadi pembicara pada Webinar bersama Sinotif yang bertemakan “Merawat Kulit untuk Meningkatkan Percaya Diri dan Prestasi Belajar Remaja” pada Sabtu, 28 September 2024. Banyak banget insight yang didapatkan peserta, termasuk edukasi dan tips merawat kulit wajah remaja.


Menurut dr. Ariana, faktor pencetus timbulnya jerawat adalah dari genetik, emosional, hingga faktor gaya hidup yang mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Oleh sebab itu, sebagai orang tua yang memiliki anak remaja, kita perlu mengetahui cara merawat kulit remaja. Beberapa cara sebagai berikut :

  1. Rajin Mencuci Muka

Remaja harus membiasakan untuk rutin mencuci muka. Karena jerawat akan timbul jika malas untuk cuci muka. Biasakan diri mencuci muka minimal dua kali sehari, setelah beraktivitas dan pada malam hari sebelum tidur. Gunakan sabun cuci muka yang lembut dan tidak mengandung deterjen. Bilas dengan air bersih, tanpa adanya sisa sabun yang menempel di wajah.

  1. Gaya Hidup Sehat

Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Lakukan olahraga secara teratur, tidak begadang, tidur yang cukup dan tidak merokok.

  1. Gunakan Pelembab

Pelembab bermanfaat untuk kulit yang berjerawat agar tidak iritasi. Jika kulit kamu berminyak, pilihlah pelembab yang bebas dari minyak.

  1. Melindungi Kulit Wajah Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung akan menyebabkan kerusakan pada kulit remaja. Gunakanlah sunscreen atau krim tabir surya. Pilihlah produk sunscreen yang bebas dari minyak dan mengandung SPF 30.


Namun, jika cara diatas masih belum maksimal dan jerawat masih betah pada kulit wajah, sebaiknya langsung kontrol ke dokter. Kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan informasi, hingga pengobatan kulit wajah secara tepat. Dokter akan memeriksa gejala dan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan masalah kulit. Dokter akan menentukan diagnosis dan tindakan penanganan yang tepat. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan dokter kulit untuk mengatasi masalah kulit wajah, antara lain :

  • Pemberian obat-obatan, misalnya obat jerawat dan lainnya.

  • Perawatan kosmetik, seperti facial, peeling dan lainnya.


BEBAS JERAWAT DAPAT MENNGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR

Ternyata adanya jerawat pada kulit remaja membuat banyak masalah. Masalah kepercayaan diri dan berpengaruh pada prestasi belajar. Pentingnya penanganan jerawat oleh dokter kulit supaya tidak terlanjur menimbulkan masalah yang berlanjut.


Orang tua yang memiliki anak remaja, sebaiknya lebih aware terhadap masalah kulit yang dialami anak remajanya. Karena dampak yang berlanjut pun dapat mempengaruhi prestasi belajar anak. Oleh sebab itu, Sinotif sebagai penyedia layanan bimbingan belajar, ikut concern terhadap hal tersebut. Dalam webinar bersama dokter dr. Ariana Suryadewi S, M. Biomed (AAM) yang merupakan founder dari The Aesthetics Clinic. Sinotif mendukung agar anak-anak, termasuk remaja lebih aware soal kebersihan kulit wajah, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar. Yuk kenalan dengan Sinotif.


Sinotif merupakan bimbel tatap muka virtual, live dan interaktif yang terpercaya dan telah membantu banyak anak-anak muda dari berbagai sekolah ternama seperti PIS (Penabur International School), Jubile, Kinderfield, Highfield, Al Azhar, Don Bosco dan lainnya.


Sinotif dapat mengasah kemampuan kamu dalam menjadi seorang entrepreneur, karena Sinotif memiliki 6 keunggulan Sinotif dibandingkan bimbel online lainnya, diantaranya guru-gurunya memiliki spesialisasi matematika, fisika dan kimia, program belajarnya disesuaikan dengan kebutuhan siswa, modul belajarnya lengkap dan sistematis, menggunakan pendekatan personal pada setiap siswanya, laporan belajar secara berkala, ada fasilitas tanya pr 24 jam nonstop dan garansi uang kembali.


Jadikan Sinotif sebagai pilihan orang tua yang ingin memberikan pendidikan dan mewujudkan cita-cita anak untuk menjadi entrepreneur yang handal, hingga bisa go international. Yuk, segera daftarkan anak kita ke cabang Sinotif terdekat!


No comments